Yuk Kenali Ciri-ciri Roller yang Sudah Aus!

Otoinfo.id  -Salah satu komponen dari motor matic adalah Roller. Fungsi dari Roller itu sendiri menciptakan tekanan pada katrol agar dapat bergerak. Roller juga berperan penting dalam performa motor matic. Tidak heran banyak orang yang pergi ke bengkel untuk mengupgrade performa motor serta mengganti roller agar mendapatkan top speed yang tepat.

Baca Juga:Khawatir Motor Matic Tak Kuat Nanjak? Ganti Roller Kawahara! 

Mengganti roller biasanya menggunakan roller yang lebih berat, atau malah lebih ringan. Namun sebelum mengganti roller pada motor matic, Anda perlu mengetahui ciri-ciri roller yang sudah mulai aus. Karena apabila roller yang sudah aus tidak segera diganti maka akan mengakibatkan perfoma dari mesin itu menurun serta tenaga dari motor matic menurun.

Baca Juga : Ganti Roller Kawahara, Bikin Matic Cara Ampuh Kuat Najak!

Berikut Ciri-ciri roller yang sudah mulai Aus :

1.Munculnya Bunyi Kretek-Kretek dari CVT.

Roller dapat mengeluarkan bunyi tersebut karena bentuknya yang sudah peyang, dan akhirnya bergesekan dengan rumah roller.

Baca Juga : Pulley, Roller dan Per CVT Dari UMA Racing Lebih Awet dan Tahan Lama!

2. Berkurangnya Tenaga dari Motor.

Berkurangnya Tenaga (performa atau tarikan) yang seakan-akan berat terlebih lagi di tanjakan. Akibatnya, laju motor tidak pernah kencang, tapi penggunaan bahan bakar menjadi boros.

Baca Juga : Pakai V-belt dan Roller Kawahara, Bikin Vespa Makin Ngacir Tanpa Bore Up Mesin!

Apabila Anda sudah mengalami ciri-ciri seperti contoh diatas, sebaiknya untuk segera membawa motor ke bengkel resmi. Anda bisa minta bantuan mekain untuk memeriksa kondisi roller, sekaligus servis CVT, karena jika dibiarkan maka bisa jadi ada komponen lain yang ikut rusak.Ayu