Seal Shock. Salah Satu Komponen Penting Dalam Kendaraan Bermotor

Otoinfo.id- Seal shock merupakan salah satu komponen motor yang terletak di bagian shock motor. Seal ini berupa per spiral kecil yang memiliki fungsi untuk menahan tekanan terutama oli seperti yang berada di seal shock breaker depan. Selain menahan tekanan, seal juga berfungsi untuk menghalau masuknya debu dan kotoran lain agar tidak masuk ke dalam shock yang bisa menyebabkan kerusakan itu sendiri.

Baca juga :  Yuk Kenali Cara Mengganti Shockbreaker pada Motor Honda

Seal shock depan dan belakang tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan. Perbedaan yang dimiliki hanya ukuran, di mana untuk seal shock depan memiliki ukuran yang lebih besar daripada seal shock belakang. “Kalo untuk fungsi masih sama, hanya saja ukurannya yang berbeda”, tutur Aditya, mekanik Astra Motor Mandiraja.

Baca Juga : Beberapa Tips Merawat Motor Honda Agar Tetap Awet

Untuk seal shock sendiri tidak memiliki umur tertentu yang bisa dipastikan kapan harus diganti, umur seal yang ditentukan dari cara pengguna berkendara dan disarankan untuk tidak membawa beban berlebih. Karena hal tersebut dapat menambah risiko kerusakan segel, jika sudah rusak pengguna harus segera mengganti komponen tersebut.

Baca Juga : Tips : Mengatasi Mesin Motor Honda yang Cepat Panas

Ada beberapa akibat jika terlalu lama membiarkan seal shock yang rusak, yaitu seperti oli yang bocor, debu yang masuk ke dalam tabung, dan kotoran-kotoran lain yang bisa membuat tabung kotor serta pipa as shock menjadi baret.

Baca Juga : Keunggulan Shock RCB A2 Series, Shock Harian Buat Motor Bebek Maupun Matic

Kemudian ada beberapa ciri-ciri jika seal shock itu sudah rusak dan perlu di ganti, di antaranya adalah apabila oli merembes dan seal sobek-sobek. “Yang biasanya terlihat si oli rembes dan seal sobek-sobek di ujungnya”, ucap Aditya.

Baca Juga : Aksesoris RCB Buat Honda Supra GTR150 atau RS150R, Depan Sampai Belakang Ada!

Jika seal shock sudah terlihat rusak seperti ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas maka segera perbaiki ke bengkel. Hampir setiap bengkel mungkin bisa, namun jika ingin lebih aman bisa langsung ke bengkel resmi seperti Astra Motor atau yang lainnya.

Baca Juga : Tips Menambah Kecepatan Motor Tanpa Melakukan Bore Up.

Untuk harga seal shock itu sendiri tidak begitu mahal, harga kisaran 30-60. ” Kalo ganti di kami hanya kisaran 30-60 ribu sudah sama jasa, tergantung tipe dan jenisnya”, ucap Aditya.

Baca Juga : Tips: Cara Membuat Akselerasi Motor Scoopy Menjadi Enteng

Untuk proses penggantian seal tidak begitu sulit dan lama seperti hanya melepas as shock bottom dari segitiga motor, lalu lepas dari shock bottom dan seal menggunakan alat, kemudian sisa kotoran yang ada change seal dengan yang baru, masukan kembali sebagai shock dan beri lepas oli, kemudian pasang kembali ke segitiga depan motor. “Ngga terlalu lama menurut saya jika hanya mengganti seal shock”, tutup Aditya.

Baca Juga : Tips: Perawatan Suspensi Motor Agar Awet