Motor Tiba-tiba Tidak Bisa di Stater ?, Ternyata Ini Penyebabnya!

Otoinfo.id-Di zaman sekarang motor keluaran saat ini sudah menggunakan komponen elektrik stater, pemilik motor hanya tinggal memencet tombol untuk menyalakan sepeda motornya tersebut. Namun tidak jarang juga pengendara sepeda motor mengeluh bahwa motornya tidak bisa dihidupkan ketikan memencet tombol stater berkali kali.

Baca Juga : Tips : Agar Motor Kamu Tidak Cepat Turun Mesin!

Biasanya pemilik kendaraan langsung menebak hal tersebut terjadi karena adanya permasalahan pada komponen aki. Padahal, ada beberapa penyebab mengapa motor sulit distater. Berikut ini penyebab dari motor sulit distater ;

Baca Juga : Tips Menambah Kecepatan Motor Tanpa Melakukan Bore Up.

1. Aki.
Yang pertama adalah aki. Aki yang sudah lemah tidak akan dapat menyuplai listrik secara maksimal.Cara mengetahuinya yaitu dengan menekan tombol klakson, atau lampu ritting. Kalau tidak berfungsi maksimal sudah dipastikan akinya sudah tidak bagus.

Baca Juga : Tips Aman Berkendara di Jalan yang Licin.

2. Masalah pada kabel.

Penyebab kedua adalah adanya kerusakan pada kabel dan soket di dalam bodi motor. Umunya kerusakan ini dibebakan karena korsleting atau putus karena gigitan tikus.

3. Dinamo starter.

Kerusakan yang terjadi pada dinamo starter ini memang jarang terjadi karena komponen tersebut didesain memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Kalau sudah mengalami kerusakan, pemilik kendaraan bisa melakukan servis ke spesialis dinamo atau mengganti dengan yang baru.

Baca Juga : Tips: Cara Membuat Akselerasi Motor Scoopy Menjadi Enteng

4. Busi lemah.

Busi yang sudah lemah juga menjadi penyebab dari motor yang sulit untuk di stater.

5. Kebocoran kompresi.

Untuk motor yang masih memiliki kick starter, cara mengeceknya adalah dengan melepas busi, lalu tutup lubang busi dengan ibu jari.
Kemudian lakukan starter menggunakan kick starter. Jika tekanan pada kick starter terasa los, berarti ada kebocoran di kompresi motor, bisa karena klep-nya bocor atau ring pistong dengan dinding silinder ada kebocoran juga.

Baca Juga : Tips Cara Merawat Motor Baru yang Perlu Diperhatikan!

Jadi itu lah penyebab dari motor yang tidak bisa distater semoga bermanfaat. Ayu