MotoGP: Terungkap Hitungan Down Force Pada Winglets Motor MotoGP

Otoinfo.id – Tahun lalu Ducati membuat kalangan MotoGP terkejut dengan fairing winglets atau disebut aero-fairing. Desainnya jauh di luar nalar. Bahkan setelah Ducati mempopulerkan winglets pada fairing, panrikan lain pun mulai ikut memaksimalkan fairing untuk memanipulasi udara. Namun apakah winglets tersebut memiliki pengaruh besar terhadap performa motor.

Baca Juga : MotoGP: Zarco Jatuh Bangun Taklukan KTM
Baca Juga : MotoGP: Power Suzuki Makin Besar, Bisa Risiko Overspin Seperti M1 2018

Sebenarnya inspirasi winglets ini datangnya dari mobil F1. Sayap pada mobil F1 memiliki tujuan utama menekan mobil lebih kuat ke bawah ke trek (down force), sehingga meningkatkan grip ban dan kecepatan ketika menikung. Tujuan kedua adalah untuk mencegah agar mobil tidak terbang saat kecepatan tinggi.

Lantas apa yang ingin dicapai Ducati atau pabrikan motor lain dengan winglets tersebut? Tujuan mereka yang jelas adalah untuk memberikan down forece agar roda depan tidak mudah terangkat. Seperti pernah diucapkan oleh Valentino Rossi bahwa motor MotoGP pada kecepatan di atas 170 km/jam saja masih sangat mudah mengangkat roda depan. “Wheelie adalah musuh utama para rider,” jelas Rossi.

Untuk itu winglets dan desain fairing dibutuhkan untuk menambah down force. Seberapa banyak kekuatan down force tersebut? Dalam hitungan mekanika fluida termasuk udara, sebuah permukaan dengan luasan 1 feet2 pada kecepatan 200-300 km/jam akan memiliki down force sebesar 25-70 pound.

Dua winglets pada Honda memiliki total luasan 10 inci2 atau sekitar 0,07 feet2sehingga Honda akan memiliki down force sebesar 25 pon pada kecepatan 180 km/jam.

Sedangkan Ducati jauh lebih besar. Dengan 2 buah winglets berukuran besar karena luasan totalnya 7 kali dari milik Honda. Diperkirakan, down force yang dimiliki Ducati 14 pon lebih besar dari Honda pada kecepatan 180 km/jam. Sedangkan pada kecepatan di bawah 100 km/jam, Ducati akan memiliki 3-4 pon down force. Dan saat kecepatan puncak di atas 300 km/jam, Ducati akan memiliki down force sebesar 45 pon. Dimana jika di konversi 1 pon = 0,5 kg. MT4

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here