MotoGP: Pabrikan Lain Akan Pakai Winglet Swingarm

Otoinfo.id – Setelah diputuskan bahwa winglet swingarm Ducati legal, maka pabrikan lain siap mengadopsi part tersebut dalam waktu dekat. “Jika demikian, kami juga akan mengaplikasinya,” jelas Massimo Rivola, Aprilia race director.

Memang keyakinan beberapa pabrikan bahwa part yang digunakan Ducati tersebut berpengaruh terhadap aerodinamika, walaupun Ducati menyangkal bahwa alat itu hanya sebatas cooling tyre. Jadi protes yang dilancarkan beberapa minggu lalu memang sengaja digunakan untuk mengetahui apakah alat itu legal atau tidak.

“Kami tidak ingin menggagalkan kemenangan Dovi. Kami hanya ingin mengetahui legalitas alat tersebut. Dengan hasil ini kami pun mengetahui dengan jelas bahwa winglet yang berada di swingarm legal,” lanjutnya.

Massimo Rivola

Masih menurut mantan bos F1 Ferrari, dengan legalitas winglet swingarm kini MotoGP akan bersiap terjerumus ke puasaran aerodinamika.

“Jika MotoGP terlibat pada pengembangan aerodinamik, kami akan menghabiskan banyak dana. Dan pengalaman F1 ku menyatakan bahwa aerodinamika adalah lading ranjau yang siap meledak. Padahal regulasi MotoGP dibuat untuk mereduksi biaya dengan hanya 2 model paket aero dinamika yang akan digunakan selama 1 tahun. Namun ternyata justru regulasi itu tidak berlaku pada beberapa area,” lanjut Rivola.

Beberapa pabrikan pun mulai melakukan beberapa uji coba terhadap winglet swingarm, mulai pengaruh (tidak hanya cooling tyre) hingga safety. “Tentu jika aman dan Ducati sudah membuktikannya, maka kami juga akan menggunakannya,” tutup Rivola. Wah, seru bisa perang aerodinamika, nih. MT4

Baca Juga : MotoGP: Protest Ditolak, Swingarm Winglet Ducati Legal
Baca Juga : MotoGP: Ini Asal Mula Penyebab Winglet Swingarm Ducati Diprotes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here