Tips Membuat Rantai Motor Tetap Awet

Otoinfo.id-Rantai motor merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga putar dari mesin ke roda belakang melalui perantara gir atau sebagai penggerak roda,  yang akan meneruskan putaran roda gigi depan ke roda gigi belakang sehingga roda belakang bisa berputar.. Namun, umumnya penggunaan rantai motor ini masih digunakan selain pada motor sport dan motor bebek. Rantai motor juga menjadi salah satu bagian yang harus selalu diperhatikan. Karena keberadaannya dapat mempengaruhi kualitas berkendara selama  kita di jalan, maka rantai motor menjadi salah satu bagian yang cukup penting.

Baca Juga : Duo Pramac Ducati Podium Bersama Regina Chain, Rantai Kualitas Dunia yang Juga Dijual di Indonesia!

Coba kalian bayangkan jika tanpa rantai, tentu saja motor tidak bisa berjalan. Apalagi jika rantaimu sampai putus ketika dikendarai di tengah jalan. Tentunya halseperti ini akan sangat membahayakan. Karenanya perlu adanya perawatan maksimal dan menyeluruh agar rantai pada motor tetap awet.

Baca Juga : Catatan Jorge Martin di MotoGP Amerika, Motornya Ditopang Rantai Regina yang Kondang di Indonesia

Nah agar membuat rantai motor tetap awet, kita memerlukan perawatan pada rantai motor kita. Dan bagaimana cara merawat rantai motor agar tetap awet?, Berikut ini beberapa cara perawatan pada rantai motor ;

  1. Harus rutin Dibersihkan.

Selain bagian ban, rantai juga menjadi bagian yang mudah kotor. Hal ini tentunya mudah kita ketahui karena biasanya ban dan rantai kerap melintasi pasir, tanah, air bahkan lumpur. Oleh karena itu, rantai perlu mendapat perhatian yang lebih.

Baca Juga : Penting buat Bikers, Begini Cara Rawat Rantai Roda Sepeda Motor

Nah sebagai pemilik kendaraan, kita juga harus rutin membersihkan bagian rantai yang kotor guna menghindari karatan serta beberapa masalah lainnya. Kita bisa menggunakan berbagai macam produk cleaner (pembersih) untuk membantu mengembalikan kinerja rantai motor supayua bisa lebih optimal.

  1. Gunakan Pelumas.

Kebanyakan orang mengatakan, gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Namun sebenarnya,  ini cara yang kurang tepat. Karena oli bekas yang dioleskan pada rantai motor justru bisa menimbulkan kerusakan hingga membuat rantai motor tidak awet.

Baca Juga : Penting buat Bikers, Begini Cara Rawat Rantai Roda Sepeda Motor

Cairan oli bekas sudah terkontaminasi kotoran yang ada di mesin. Jadi, bukannya membuat rantai motor bersih, malah membuatnya kotor dan cepat rusak.Oleh karena itu pastikan menggunakan pelumas yang dikhususkan untuk rantai motor.

3. Rutin Mengecek Setelan Rantai.

Biasakan, sebelum berkendara, selalu periksa kondisi rantai motorKemudian. lihat  apakah  ban kurang angin, atau rantai kendur, Jika kendur, maka perlu disetel ulang. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya bawa motor ke bengkel, Karena.rantai yang kendur ataupun terlalu kencang dapat membahayakan si pengendara maupun pengendara motor lainnya di jalan raya.

Baca Juga : Wow! Rantai Regina Jadi Part Original Motor KTM

4. Gunakan Rantai yang Original.

Tentu saja rantai motor yang original lebih disarankan dibandingkan spare part KW. Meskipun dibandingkan secara harga,  yang KW jauh lebih murah.  Namun perlu diketahui, ada harga, ada rupa. Biasanya harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Harga yang murah biasanya memberikan kualitas yang biasa saja bahkan cenderung buruk.  Jadi, tak ada salahnya kamu merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan rantai original atau resmi dari brand motormu.

Demikian beberapa cara merawat rantai supaya motor jadi jauh lebih awet. Ayu