Tips Honda Beat Injeksi: Tenaga Ngempos dan Kurang Responsif? Coba Reset ECU dan DTC

Cara Reset Honda BEAT NEW FI
Cara Reset Honda BEAT NEW FI

Otoinfo.id-Gejala motor terasa brebet, tenaga berkurang, atau stasioner terasa tidak rata bisa dialami pada Honda Beat injeksi. Hal itu sebagai tanda untuk mereset dan setting injeksi. Untuk motor Honda BeAT injeksi reset dan setting injeksi sangat mudah. Caranya?

Fungsi dari mereset ECU dan DTC adalah untuk mengembalikan setelan injeksi ke standar pabrik. Biasanya untuk mereset ECU menggunakan alat khusus dari Honda yang bernama HIDS.

Baca Juga : Tips : Perawatan pada Motor Honda dalam Sehari-hari

Reset ECM digunakan untuk menghilangkan semua memory yang terdapat pada ECM. Memory ini berupa rekaman apa saja yang telah terjjadi pada motor selama renggang waktu terakhir reset ECM. motor terjatuh, aki bermasalah, konektor yang terlepas, hingga kabel terputus.

Setting injeksi ini berlaku untuk tipe motor matik injeksi baik Non ESP dan ESP, beberapa motor bebek juga mengaplikasikan seting ini. selain mudah melakukannya, seting ini juga amat berfungsi mengembalikan performa mesin.

Baca Juga : Wajib diketahui Pemilik, Ternyata Ada Delapan Komponen Honda Beat yang Perlu diganti Secara Berkala !

Sumber Foto : Google.com

Berikut caranya: 

“Cari posisi tempat DLC, untuk motor Beat FI posisi DLC-nya berada dibawah jok, lepaskan dulu dek mesin dan box dudukan jok. Setetah ketemu lepaskan pengunci pada DLC tersebut,”ungkap Suwoyo dari Woyo Motor di Banjarnegara seraya bilang pastikan kontak dalam keadaan OFF, lalu jumper DLC pada kabel yang berwarna coklat dengan hijau atau hitam.

Setelah DLC sudah dijumper, nyalakan kontak ke posisi ON. Hitung selama tiga detik lalu cabut jumper pada DLC. Setelah dicabut, hitung lagi selama 5 detik lalu pasang kembali jumper nya ke tempat semula. Kalau indikator lampu MIL berkedip cepat seperti lampu sein berarti reset berhasil dan kontak dapat dimatikan ke posisi OFF.

Tahap ke 2 (dua) reset ECU

Pastikan jumper yang tadi masih terpasang. Buka gas sampai penuh dalam posisi kontak OFF. “Nyalakan kontak ke posisi ON, tunggu lampu MIL berkedip. Lepaskan gas nya saat lampu MIL berkedip. Biarkan selama 3 detik lalu off kan kontaknya, cabut jumper DLC dan selesai,”jelas Woyo lagi.

Baca Juga : Beberapa Tips Merawat Motor Honda Agar Tetap Awet

Jika sudah selesai, bisa coba nyalakan motornya.Sekarang sudah tahu kan cara reset ECU dan DTC? Apabila indikator MIL masih berkedip lihat kabel pada motor, pastikan tidak ada soket yang terlepas atau kabel yang putus, karena itu dapat membuat lampu indikator MIL berkedip. Sekian informasi dan tips dari kami,semoga mudah untuk dipahami dan dapat membantu. Sip! Yoga