Modifikasi Viar Cross X 200: Supermoto Vintage Engine Swap!

Otoinfo.id – Aliran modifikasi supermoto memang beragam, di Indonesia virus supermoto sudah ada sejak lama. Banyak modifikator atau pecinta motor sudah memilikinya. Banyak pula basic motor yang dipakai untuk modifikasi supermoto. Seperti Viar Cross X 200 milik Shindu Pandhira ini. Dia merubah motor yang habitat aslinya di jalanan tanah ke jalanan aspal.

Shindu yang asli Banjarnegara, Jateng ini tidak tanggung dalam merubah Viar Cross X 200 miliknya. Dilihat saja, bodi yang digunakan adalah bodi motocross vintage ala-ala CR 125. Jadi bila melihat motor ini seperti kembali ke masa 90an dulu.

Baca Juga : Kracker Supermoto Banjarnegara Gelar Kegiatan Sosial, Bagi Sembako dan Masker!

“Pastinya saya ingin beda dari yang lain. Soalnya kan masih jarang ada supermoto pakai body vintage. Mungkin di tempat tinggal saya ini juga baru satu hehehe,” ujarnya. Dalam pemilihan warna pun Shindu pilih hitam putih. Karena vintage menurutnya kental dengan hitam putih.

Nah, biar tidak mati dan membosankan, bodi warna hitam putih dipadukan dengan warna oranye yang tersemat pada kaki-kaki dan setang kemudi. Oh ya, walaupun sudah berganti baju, supermoto milik Shindu ini fungsional. Artinya tidak merubah fungsi kegunaan, karena ini untuk harian, maka lampu depan belakang, sein, spion dan plat nomor terpasang lengkap.

Baca Juga : Berbagi Ilmu Modifikasi Bareng Komunitas Honda di Supermoto Street Gathering

Bicara soal dapur pacu, Shindu sudah melakukan engine swap. Ya, engine swap itu melepas mesin aslinya dan mengganti dengan yang lain. Disini Shindu mengganti satu set mesin Viar Cross X 200 dengan Honda Tiger yang notabene juga 200cc.

“Alasan engine swap itu untuk kebutuhan aja. Soalnya supermoto kan on road, butuh mesin yang kencang. Kalau mesin bawaan kan di desain untuk off road, cuma torsi aja yang besar tapi susah untuk kencang,” tuturnya. Mantap! Aji

Data Modifikasi:
Mono & Unitrek: KLX
Stang: Protaper Contour Windham RM Mid
Handguard: Acerbis Tri Fit
Bodi Set: CR 125 Custom
Headlamp: Repilka Acerbis Elba
Velg: Scarlet MT 3.50/300
Ban Depan: Corsa Cross s 110/70
Ban Belakang: Maxxis Extramaxx 140/70
Kabel Rem: TDR
Gir: SSS 50/14
Rantai: TK 428H
Knalpot: GP7 Viar 200
Handle Rem, Kopling: Enduro Tech
Footstep: X Break
Tensioner Rantai: X Break
Spion: Rizoma
Stoplamp Belakang: Custom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here