Bingung Ganti Gir atau Rantai Saja? Nih SSS Kasih Tips-nya!

Otoinfo.id – Kebanyakan bikers pasti lebih memilih mengganti perangkat gir satu set dengan rantai. Tapi ada juga yang lebih memilih mengganti salah satu saja. Seperti mengganti gir saja, atau rantai saja. Itu biasanya untuk menghemat pengeluaran. Sah-sah saja, namun harus dipertimbangkan lagi akan aman atau tidak.

Biar tidak salah, SSS memberikan tips seperti berikut. Oh ya, SSS itu merupakan merk gir dan rantai yang memang nyata kekuatannya dan sudah diterima pasar tanah air sejak lama. Bahkan sudah tenar di balap dan harian ataupun modifikasi.

Baca Juga : Tips: Jangan Sampai Salah Beli, Ini Kode Untuk Gir SSS!

Jadi menurut SSS jika hanya mengganti rantai saja, itu tidak masalah. Asalkan gir masih dalam kondisi baik. Tapi jika gir sudah tidak layak pakai atau tergerus dengan rantai yang lama, tentu jika dipadukan dengan rantai baru malah rantai yang baru akan rusak. Karena bentuk gir berbeda kerenggangannya dengan rantai baru.

Lalu bagaimana jika mengganti gir saja tanpa rantai? Sebenarnya sama saja dengan kita mengganti rantai tanpa gir. Tapi langkah tersebut sangat tidak disarankan. Karena umur rantai itu lebih pendek dari gir. Rantai yang sudah molor ketika dipakaikan ke gir baru, akan mengakibatkan kerusakan pada gir.

Baca Juga : Pelajari Tipe Rantai SSS Berdasarkan Fungsi dan Harganya!

Jadi alangkah baiknya mengganti gir dan rantai secara berssamaan. Itu untuk memaksimalkan umur gir dan rantai. Pastikan membelinya satu merk ya. Hal ini untuk memastikan dimensi gir dan rantai yang dipasang pas. Aji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here