Yuk!! Ketahui Lebih Dalam Tentang Teknologi eSP Pada Motor Honda

ESP
ESP

Otoinfo.id- Enhanced Smart Power (eSP) adalah teknologi terbaru pada motor matic Honda yang mulai diluncurkan pada tahun 2014. Fungsinya adalah untuk menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi yang terbuang sehingga akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang lebih tinggi dan maksimal saat berkendara. Pada teknologi eSP ada beberapa komponen-komponen pendukungnya sebagai berikut :

1. ACG Starter
Komponen tersebut berfungsi untuk mengurangi gesekan pada saat menyalakan mesin sehingga suara yang dihasilkan akan lebih halus sekaligus mendukung fitur ISS(Idling Stop System).

2. Offset Cylinder
Selanjutnya untuk komponen ini memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

3. Roller Type Rocker Arm
Komponen ini biasa disebut templar roller, komponen tersebut menggunakan Shell Type Needle Bearing sebagai poros sehingga dapat mengurangi gesekan dan mengurangi beban pegas katup pada bagian klep motor.

4. Spinny Sleeve
Komponen yang memiliki tekstur berduri pada dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi atau penyimpangan sebuah proses yang dapat menyebabkan kerugian akibat gesekan lainnya.

5. Squish
Komponen yang berfungsi agar pengapian lebih baik dan pembakaran lebih cepat.

6. Tumble
Komponen yang berfungsi agar penyebaran bahan bakar lebih merata dan menjadikan pembakaran lebih baik dan maksimal.

Selain komponen-komponen pendukung eSP diatas, ada juga teknologi-teknologi yang mendukung kerja mesin eSP diantaranya:

A. Teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Baca Juga : PGM-FI: Teknologi Injeksi pada Motor Honda, Ternyata Ini Dia Keunggulannya!

B. Teknologi CBS (Combi Brake System)

Baca Juga : Tips : Cara Menyetel Combi Brake System (CBS) pada Motor Honda

C. Teknologi ISS (Idling Stop System)

Baca Juga : Tips Honda Beat Injeksi: Tenaga Ngempos dan Kurang Responsif? Coba Reset ECU dan DTC

Sebagai teknologi dengan inovasi terbaru pada mesin motor Honda, teknologi eSP memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan, diantaranya adalah:

  • Lebih hemat bahan bakar. Dengan adanya fitur Idling Stop System, tentunya akan lebih menghemat bahan bakar dan mengurangi gas-gas emisi yang dihasilkan dari pembakaran.
  • Performa tinggi. Komponen-komponen pada teknologi eSP sangat mendukung performa dari kendaraan itu sendiri sehingga menjadikan pengendara lebih nyaman dalam mengendarai dengan performa yang tinggi.
  • Lebih ramah lingkungan. Dengan adanya teknologi PGM-FI dimana bahan bakar disalurkan dengan cara disemprot menjadikan pemakaian bahan bakar lebih efektif dan efisien serta lebih ramah lingkungan.

Tidak ada teknologi atau produk-produk yang benar-benar sempurna, tentu teknologi eSP memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan, diantaranya adalah:

Jika tidak memperhatikan perawatan kendaraan dengan baik, bisa terjadi kerusakan pada komponen-komponen pendukung eSP bahkan dengan teknologinya sendiri.
Jika terjadi kerusakan, biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada motor dengan mesin karburator karena antara komponen-komponen pendukung teknologi ini saling berhubungan dalam menghasilkan performa yang ideal pada motor. Meskipun kerusakan hanya ada pada satu atau dua komponen, tetapi bisa berpengaruh pada kinerja komponen yang lainnya.

Baca Juga : Tips : Membuat Tarikan Honda Beat Karbu Jadi Enteng

Hanya bengkel-bengkel tertentu saja yang dapat mengatasi permasalahan pada kendaraan dengan teknologi eSP ini sehingga jika salah dalam membongkar bagian-bagian mesin bisa berakibat kerusakan pada bagian mesin. Biasanya hanya bengkel resmi Honda yang bisa mengatasi masalah-masalah pada mesin dengan teknologi eSP.

Terlepas dari kekurangan yang dimiliki teknologi eSP, tentunya teknologi ini sangat membantu manusia dalam hal berkendara, khususnya pada performa kendaraan dan kenyamanan saat berkendara. Teknologi ini juga ramah lingkungan karena adanya teknologi PGM-FI yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efektif dan efisien.