Transformasi Honda CB750 Menjadi Cafe Racer, Performa Galak Tanpa Kehilangan Sentuhan Klasik

Transformasi Honda CB750 Menjadi Cafe Racer, Performa Galak Tanpa Kehilangan Sentuhan Klasik

Otoinfo – Motor sport klasik Honda CB750 telah menjadi primadona bagi para pembuat motor.

Dengan menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 749cc, motor ini layak disebut sebagai moge (motor gede) yang menawan.

Berbagai gaya custom dapat diwujudkan dari basis motor ini, mulai dari scrambler, cafe racer, tracker, hingga chopper dan bobber.

Cafe Racer: Gaya Motor Klasik dengan Sentuhan Modern

Salah satu transformasi menarik dari Honda CB750 adalah milik Hendra, seorang warga Jogja yang mengubahnya menjadi cafe racer.

Cafe racer adalah gaya motor custom yang berasal dari Inggris, yang menggabungkan konsep motor jalanan dengan nuansa motor balap.

Baca Juga:  Aprilia Siapkan Pesawat Medis untuk Jorge Martin: Kondisi dan Proses Pemulihan Sang Martinator

Gaya motor ini pertama kali muncul pada era 1950-an dan menjadi simbol kebebasan bagi anak muda yang gemar berkumpul di kafe sambil mengejar sensasi balap.

Honda CB750: Legenda yang Dipelesetkan

Sejarah cafe racer tak lepas dari asal muasalnya sebagai tunggangan para anak muda yang ingin tampil beda dan keren seperti para pembalap.

Baca Juga:  Uji Coba Sepang Shakedown 2025 Dimulai: Pembalap Baru dan Teknologi Baru Siap Uji Coba

“Setahu saya cafe racer, dulu adalah motor yang dibuat balapan dari kafe a ke b,” ungkap Hendra, pemilik Honda CB750 yang telah merombaknya menjadi sebuah karya masterpiece.

Karya Hendra: Cafe Racer dengan Sentuhan Klasik

Hendra bukanlah orang baru dalam dunia modifikasi motor. Sebelumnya, ia telah memiliki pengalaman dengan berbagai gaya motor seperti chopper, club style, dan trail.

Namun, ketertarikannya pada tren cafe racer membuatnya memutuskan untuk merombak Honda CB750 miliknya.

Sentuhan Klasik pada Cafe Racer Modern

Meskipun banyak bagian dari CB750 yang tetap dipertahankan, seperti shock, swing arm, dan rangka, namun Hendra memberikan sentuhan klasik pada bagian buritan dengan merubahnya menjadi single seat yang dilengkapi dengan hornet, yang merupakan ciri khas dari gaya cafe racer.

Baca Juga:  Honda Raih Peringkat Tertinggi dalam Indeks Keselamatan Jalan Raya FIA: Menjadi Pelopor Inovasi Keselamatan Otomotif Global

Tak hanya itu, tangki bawaan CB750 pun tetap dipertahankan untuk mempertahankan kesan klasik pada gaya motor ini.

Tantangan dalam Merombak Motor Menjadi Cafe Racer

Salah satu tantangan yang dihadapi Hendra dalam merombak Honda CB750 ini adalah pada bagian kaki-kaki.