Perbedaan Utama Yamaha R15 dan Yamaha R125

Perbedaan Utama Yamaha R15 dan Yamaha R125

Otoinfo – Yamaha, sebagai salah satu produsen sepeda motor ternama, selalu berinovasi dengan menghadirkan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen seperti Yamaha R15 yang sudah dilaunching di berbagai belahan dunia.

Salah satu produk unggulannya adalah Yamaha R15, yang dipasarkan di Indonesia dan Yamaha R125, yang diperuntukkan bagi pasar Eropa.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam perbedaan antara Yamaha R15 dan Yamaha R125, mulai dari spesifikasi teknis hingga harga jual di pasaran.

Spesifikasi Mesin: Kekuatan dan Kapasitas

Yamaha R15: Kekuatan Lebih Besar

Yamaha R15 yang dipasarkan di Indonesia dilengkapi dengan mesin berkapasitas 150 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 19,04 dk dan torsi sebesar 14,7 Nm.

Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, Yamaha R15 menawarkan performa yang lebih tangguh dan responsif, cocok untuk kebutuhan berkendara di berbagai medan.

Baca Juga:  Yamaha Gandeng Rizky Motorsport untuk Balap Tanah, Makin Serius dan Bersinergi

Yamaha R125: Efisiensi dan Teknologi Tinggi

Di sisi lain, Yamaha R125 yang dipasarkan di Eropa hanya memiliki kapasitas mesin 125 cc. Meskipun kapasitasnya lebih kecil, Yamaha R125 dilengkapi dengan teknologi canggih seperti SOHC, empat katup, dan VVA (Variable Valve Actuation).

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 14,75 dk dan torsi 11,5 Nm, cukup untuk memenuhi standar performa di kelasnya.

Baca Juga:  Ducati MotoGP: Sinergi Antara Teknologi Canggih dan Keterampilan Pembalap Menjadi Kunci Keberhasilan

Desain dan Posisi Komponen: Detail yang Membuat Perbedaan

Posisi Cakram dan Kaliper Radial

Salah satu perbedaan paling mencolok antara Yamaha R15 dan R125 adalah posisi cakram rem. Pada Yamaha R125, cakram rem berada di sebelah kiri motor, berbeda dengan Yamaha R15 yang posisinya di sebelah kanan.

Selain itu, Yamaha R125 sudah menggunakan kaliper radial, sebuah fitur yang biasanya ditemukan pada motor gede (moge), meningkatkan efisiensi dan responsivitas sistem pengereman.

Baca Juga:  Tim Balap Internusa Papua Raya Siap Tampil Gemilang di SDW 2025 dengan Strategi Unggul

Ukuran Sokbreker

Perbedaan lainnya terletak pada ukuran sokbreker upside down. Yamaha R125 memiliki sokbreker dengan diameter tabung 41 mm, lebih besar dibandingkan Yamaha R15 yang hanya 37 mm. Hal ini memberikan kestabilan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik pada Yamaha R125.

Desain Rangka dan Posisi Setang

Upper Yoke vs. Under Yoke

Pada bagian setang, Yamaha R125 mengadopsi desain upper yoke, di mana posisi setang berada di atas segitiga. Sebaliknya, Yamaha R15 menggunakan desain under yoke dengan setang di bawah segitiga.