Perbandingan Antara Mesin 1 Silinder atau 2 Silinder, Manakah Yang Lebih Baik?

1 silinder vs 2 silinder, manakah yang lebih unggul

Otoinfo.id – Bagi kalian pasti masih penasaran dengan perbandingan motor bermesin 1 silinder dan 2 silinder. Dari kedua mesin ini sebagian orang menilai dengan logika bahwa lebih banyak silindernya maka lebih baik, tapi tidak selalu seperti itu lho gaes.

Menurut Sadam pemilik bengkel Alkhadafi Motor Wonosobo, kedua mesin itu harus sesuai dengan kebutuhan. “Mesin satu silinder dan dua silinder itu punya karakter sendiri-sendiri, tapi motor dua silinder lebih baik dari satu silinder itu juga belum tentu tepat,” ucap sadam.

Baca juga : Kopling Kering Vs Kopling Basah, Manakah Yang Lebih Unggul? Berikut Penjelasannya!

Membahas soal karakter mesinnya, mesin satu silinder lebih memiliki banyak torsi dibandingkan mesin dua silinder. “Karena dorongan satu piston itu menghasilkan kompresi yang lebih besar dan menghasilkan torsi yang lebih besar dibandingkan dua silinder,” jelasnya.

Itu sebabnya motor trail menggunakan satu silinder karena memang motor trail membutuhkan torsi yang besar untuk melibas jalan yang sulit.

Namun pada top speed mesin yang memiliki 2 silinder lebih unggul dibandingkan mesin 1 silinder, karena RPM yang didapat dari motor 2 silinder itu lebih tinggi. Nah itu penyebabnya motor balap seperti MotoGP identik dengan mesin yang lebih dari 1 silinder.

Baca juga : Kenapa Mesin 2-Tak Lebih Kencang Dibandingkan Mesin 4-Tak? Begini Penjelasannya!

Kemudian dari segi perawatan pastinya mesin 1 silinder lebih mudah dan partnya lebih murah dibandingkan mesin 2 silinder. “Ya kalau dari segi perawatan mesin 2 silinder lebih mahal, karena komponennya lebih banyak,” tambahnya.

Jadi dari kedua mesin tersebut harus sesuai kebutuhan, jika kalian membutuhkan torsi yang lebih besar maka lebih cocok menggunakan 1 silinder, tapi kalau kalian suka touring atau menempuh jarak yang panjang sebaiknya menggunakan mesin 2 silinder. Bagus Adit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here