Otoinfo.id – Penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2024 diprediksi mengalami penurunan signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2023. Berdasarkan data yang dihimpun dari Astra International dan GAIKINDO, total penjualan mobil di Indonesia sepanjang 2024 tercatat 865.753 unit, turun 140.079 unit dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 1.005.802 unit.
Penurunan ini cukup mencolok, namun jika dilihat lebih dalam, Astra Group masih mempertahankan dominasi pasar dengan menguasai lebih dari 50% pangsa pasar mobil di Indonesia. Total penjualan mobil di bawah naungan Astra Group pada 2024 tercatat mencapai 482.964 unit, yang terdiri dari berbagai merek terkenal seperti Toyota, Lexus, Daihatsu, Isuzu, dan lainnya.
Sementara itu, merek-merek di luar Astra Group juga menunjukkan angka penjualan yang signifikan, meskipun secara keseluruhan mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Mitsubishi, Honda, Suzuki, Hyundai, hingga BYD mencatatkan angka penjualan yang solid, namun pasar tetap dikuasai oleh produk-produk dari Astra Group.
Berikut rincian penjualan mobil di Indonesia selama 2024:
Group Astra
TOYOTA + LEXUS: 291,566 unit
DAIHATSU: 163,032 unit
ISUZU: 26,379 unit
UD TRUCKS: 1,960 unit
PEUGEOT: 27 unit
Non Group Astra
MITSUBISHI: 99,938 unit
HONDA: 94,742 unit
SUZUKI: 66,809 unit
HYUNDAI: 22,361 unit
WULING: 21,923 unit
CHERY: 9,191 unit
BYD: 15,429 unit
Brand lainnya: 52,366 unit
Dengan dominasi pasar yang masih sangat kuat, Astra Group tampaknya tetap menjadi pemimpin di industri otomotif Indonesia meskipun ada penurunan penjualan di tahun 2024. Bagi para konsumen, tren penurunan penjualan ini bisa menjadi indikasi dari perubahan preferensi dan kebijakan yang mungkin akan datang di sektor otomotif tanah air.
