Pebengkel Muda Binaan Yayasan AHM Dapat Suntikan Dana dari FIFGROUP

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin yang didampingi Mentor AHYPP Heri Cahyono melihat secara langsung proses pelatihan digitalisasi bengkel yang memanfaatkan platform digital AHYPP untuk memudahkan pengelolaan administrasi para bengkel binaan (30/5).

Otoinfo.id – Pebengkel muda binaan Yayasan AHM yang tergabung dalam Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP) mendapat suntikan dana dari FIFGROUP senilai Rp145juta. Dana ini akan digunakan untuk mengembangkan usaha generasi alumni pendidikan vokasi ini.

Sebanyak 8 pebengkel muda binaan Yayasan AHM ini mendapatkan pinjaman dana bergulir yang diberikan secara bertahap sejak tahun lalu.  Tahap pertama, FIFGROUP memberikan dana bantuan senilai Rp55juta kepada 4 pengusaha muda alumni SMK ini. Melihat kinerja yang terus bertumbuh meskipun tengah menghadapi pandemi, FIFGROUP kembali mengucurkan pinjaman dana bergulir tanpa bunga pada tahun 2022 dengan nilai Rp90juta kepada 4 anak muda pengusaha bengkel alumni pendidikan vokasi dari beberapa provinsi di Tanah Air.

Para peserta AHYPP ini kini mampu menghadirkan pelayanan service berkualitas dan mendapatkan kepercayaan konsumen sehingga mampu menyerap rata-rata 130-150 pelanggan dalam setiap bulan. Bengkel binaan Yayasan AHM ini mampu menghasilkan omzet rata-rata pertahun sebesar Rp10-15 juta, bahkan salah satu bengkel mampu menghasilkan Rp70 juta per bulan di masa pandemi.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan dukungan dari berbagai pihak sangat membantu kemajuan dari para pemilik bengkel binaan, sehingga mereka dapat mengembangkan usaha dengan menghadirkan layanan berkualitas sekaligus membuka lapangan pakerjaan baru bagi masyarakat.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyerahkan bantuan Mechanic Tools Set kepada binaan AHYPP angkat ke 3 yang baru saja lolos dalam seleksi tahap awal pendampingan dan saat ini sedang melangsungkan pelatihan di Kab. Malang (30/5).

“Dana ini sangat berarti untuk pengembangan usaha anak-anak muda alumni SMK ini dalam melayani masyarakat melalui bengkel sepeda motor. Kami pun menyeleksi puluhan anak muda yang memiliki passion dan komitmen tinggi untuk menjadi pengusaha bengkel mandiri,” ujar Muhib sesaat setelah membuka pelatihan AHYPP 2022, pada Selasa (31/05)

Dalam meningkatkan kompetensi, Yayasan AHM juga terus memberikan pelatihan baik secara teknis maupun soft skill seperti pelatihan kepemimpinan dan pengelolaan keuangan tingkat lanjut, serta memberikan edukasi penggunaan platform digital untuk usaha mereka. Mereka pun belajar mengelola administrasi bengkel, mulai dari pengelolaan keuangan, pengelolaan stock spare part, sampai pembuatan invoice untuk para pelanggan.

Ikbal Usman Febriyanto pemilik bengkel MAN Motor Kulonprogo, Yogyakarta yang merupakan binaan Yayasan AHM sedang melakukan perbaikan salah satu sepeda motor milik konsumen.

Untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, beragam layanan pun dihadirkan dalam bengkel binaan, seperti service ringan, service lengkap, service kelistrikan, hingga perbaikan mesin atau service berat. Saat ini, para pengusaha bengkel binaan Yayasan AHM juga mulai menambah jenis usaha sebagai pendukung usaha utamanya, seperti membuka cuci motor, restorasi, penjualan variasi motor, salon motor, dan bengkel bubut/korter mesin motor.

Dengan adanya perkembangan bisnis, bengkel-bengkel ini mampu memberikan lapangan kerja kepada masyarakat sekitar bengkel binaan. Sampai saat ini, seluruh bengkel AHYPP sudah berkontribusi memberikan lapangan kerja pada 45 orang yang ada di sekitar bengkel. Selain memberikan kesempatan kerja, beberapa bengkel binaan saat ini juga sudah menjadi tempat belajar praktek (PKL) bagi para siswa SMK binaan AHM. Tim