MotoGP: Terungkap Fungsi Winglet Swingarm Ducati

Otoinfo.id – Setelah winglet swingarm diprotes beberapa tim mulai Honda, KTM, Suzuki hingga Aprilia, akhirnya terungkap fungsi asli dari winglet swingarm tersebut. Sebelumnya disebutkan bahwa winglet yang terletak pada swingarm Ducati tersebut untuk mendinginkan ban belakang.

Salah satu yang menyadari fungsi winglet swingarm itu adalah Massio Rivola, CEO Aprilia Racing. Rivola skeptis dengan klaim Ducati bahwa winglet tersebut untuk pendinginan ban.

Jika memang untuk mendinginkan ban, sangat masuk akal jika perangkat itu hanya dipasangkan ke motor Danilo Petrucci dan Jack Miller. Kedua rider tersebut dikenal sangat rakus terhadap ban. Apalagi Petrucci yang merupakan rider terberat di MotoGP.

Ducati juga gunakan part aerodinamika untuk roda depan

Namun saat di GP Qatar winglet swingarm juga terpasang pada motor Andrea Dovizioso yang notabene bobot tubuhnya lebih ringan 11 kg dari Petrucci. Jika memang demikian sebagai cooling roda pertanyaan selanjutnya adalah kenapa winglet tersebut justru cocok dipasang pada motor Dovi, padahal saat GP Qatar Dovi memakai ban medium yang jelas memiliki risiko overheat roda lebih minim?

Analisa beberapa engineer MotoGP, perangkat tersebut (winglet swingarm) sangat berhubungan dengan aerodinamika. Apalagi Ducati juga memasang part aerodinamika juga pada roda depan.

Aliran udara dibuat laminer agar mudah tertembus dan mengurangi gaya drag

Seperti diungkapkan Peter Bom yang merupakan mantan crew chief Moto2 yang menjelaskan bahwa, “Part tersebut (winglet swingarm dan part aerodinamika di roda depan) sangat mempengaruhi aerodinamika. Kedua part (winglet swingarm dan part aerodinamika di roda depan) mampu mengurangi turbulensi udara sehingga memperlancar aliran udara pada bodi motor,” jelasnya.

Penutup roda depan mengarahkan aliran udara ke bawah fairing motor, kemudian dimanipulasi oleh winglet wingarm. Terutama udara yang ditimbulkan oleh putaran roda belakang. Sifatnya yang turbulen membuat hambatan yang cukup kuat. Dengan winglet swingarm dan part aerodinamika di roda depan dimanipulasi menjadi laminer.

Efek ini mirip dengan cara kerja venturi pada karburator dimana aliran udara dibuat dibuat laminer agar menciptakan tekanan udara yang rendah.

Pada fungsi winglet swingarm dan part aerodinamika di roda depan, membuat bagian bagian bawah motor memiliki tekanan rendah sehingga down force Ducati kian kuat tanpa menimbulkan suhu ban yang berlebih karena terkena hasil dari hembusan winglet swingarm. MT4

Baca Juga : MotoGP: Winglet Swingarm Ducati Diprotes Honda, KTM, Aprilia Dan Suzuki
Baca Juga : Test Qatar: Ducati Aplikasi Winglet Swingarm
Baca Juga : Test Jerez MotoGP: Ducati Test Winglets Untuk Belakang

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here