Otoinfo.id – Dalam ajang balap Oniku Cup Race 2025 Part 1 di Subang kemarin (19-20/4), ada penampilan istimewa dan superior dari seorang Aldy Musfiq di kelas Sport 2T STD 140 Open atau biasa disebut RX King Chamber. Bagaimana tidak, Aldy Musfiq start ke-11 dan berhasil podium juara. Dalam 15 lap, dia overtake 10 pembalap dengan mudah dan nyaman.
Nah, menarik diketahui apa rahasia dibalik suksesnya Aldy Musfiq juara di kelas ini yang begitu superior. Oh ya, motornya milik Billindo Racing. Ini tim dibawah komando Rio Ferdianto selaku owner tim dan Yuda Bareta sebagai mekanik. Timnya sendiri asal Tangerang Selatan.

Menurut Yuda Bareta, karakter motornya dibikin mirip 4 Tak gak perlu selip kopling. Gampang dibawa oleh pembalap muda sekelas Aldy Musfiq yang juga hafal betul bagaimana trek Gery Mang, Subang. Makanya, tidak ada ubahan ekstrim yang diterapkan pada motor berkelir merah ini.
Bahkan untuk kompresi mesinnya dibikin sesuai keinginan joki. Karena memang kejar agar nyaman dibawa. Tidak liar alias tidak bikin susah Aldy Musfiq saat keluar masuk tikungan. Nah, soal ini Yuda Bareta papas head 1,5mm yang kemudian ketemu hitungan volume buret di angka 11,8 cc.
“Kalau soal porting, tinggi lubang ex dipatok 24,5 mm, lebarnya 41 mm. Kalau transfernya naik 1,5 mm. Piston pakai ART Japan. Karburator reamer 28 mm, kemarin setingan main jet ketemu di angka 230 dan pilotnya 37,5,” ucap Yuda Bareta yang juga bilang pengapian hanya andalkan koil YZ, sisanya masih standar bawaan.

Kemudian untuk transfer tenaga mesin ke roda belakangnya, Yuda Bareta pakai rasio custom. Final gear dipilih 13-35. Ini yang unik dan beda dari mekanik lain soal pilihan final gear, tapi menurut Yuda Bareta angka segitu cocok buat mesinnya untuk lahap trek Gery Mang yang punya karakter unik.
