Otoinfo.id – Meski bukan model terbaru, skutik buatan pabrikan sayap mengepak ini kembali menjadi buruan para biker. Tipe Honda Vario yang satu ini dikenal irit seperti Honda BeAT, namun dengan tenaga yang lebih besar. Dengan sistem injeksi yang mudah dirawat, tidak heran jika banyak penggemar motor matic yang meliriknya.
Tipe Honda Vario yang sedang naik daun ini adalah Vario KZR, seri tertua dari Honda Vario 125 yang telah ada sejak tahun 2012 hingga 2015. Meski sudah tidak diproduksi selama hampir sembilan tahun, Vario KZR masih menyita perhatian karena performa dan efisiensinya.
Vario KZR, atau Honda Vario 125 generasi ketiga, menggunakan mesin dengan kode KZR yang merupakan turunan dari PCX125. Fitur-fitur canggih yang ada di PCX juga diturunkan ke Vario KZR, seperti teknologi ACG starter yang bekerja tanpa berisik, spidometer analog-digital, serta Idling Stop System (ISS) yang membantu menghemat bahan bakar.
Salah satu keunggulan utama dari Vario KZR adalah efisiensi konsumsi bahan bakarnya yang mencapai 55,7 km per liter. Ini menjadikannya lebih irit dibandingkan dengan Vario 125 K2V 2024 yang memiliki konsumsi 51,7 km per liter, dan mendekati Honda BeAT yang diklaim pabrikan memiliki efisiensi hingga 60,6 km/liter. Bobot Vario KZR yang hanya 109 kg berkontribusi pada efisiensi ini, lebih ringan dibandingkan Vario 125 K2V yang memiliki bobot 111 kg.
Tak hanya efisien, mesin Vario 125 KZR juga lebih bertenaga, dengan daya maksimal mencapai 11,3 PS pada 8.500 rpm. Ini lebih besar dibandingkan dengan Vario 125 K2V produksi 2024 yang hanya mencapai 11,1 PS pada 8.500 rpm.
Perawatan Vario KZR pun terbilang mudah, karena spare part untuk model ini masih mudah ditemukan, mulai dari komponen mesin, sasis, body part, sistem injeksi, hingga kelistrikannya.
Dengan semua keunggulan tersebut, tidak mengherankan jika Honda Vario KZR tetap menjadi pilihan menarik bagi penggemar skutik hingga saat ini. Jika Anda mencari motor matic yang irit, bertenaga, dan mudah dirawat, Vario KZR bisa jadi pilihan yang tepat.
